facebook-hresidence-soetta
Tips Membersihkan Hunian Setelah Liburan
  • Tips

Tips Membersihkan Hunian Setelah Liburan

Libur telah usai, ini artinya Anda sudah harus kembali pada rutinitas sehari-hari. Saat kembali ke rumah atau apartemen, mungkin Anda akan kaget melihat kondisi hunian yang ‘jorok’ setelah beberapa hari tak disentuh.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen mungkin tak perlu terlalu khawatir. Biasanya pihak pengembang menyediakan tim kebersihan untuk membersihkan apartemen Anda, tapi tetap hanya sebatas luar saja lho dan Anda masih bisa melihat debu di dalam apartemen.

Tips Membersihkan Hunian Setelah Liburan

Anda jangan dulu berpikir bahwa membersihkan hunian setelah liburan itu hal yang memberatkan. Anda tentu tidak mau hari pertama kerja setelah liburan menjadi suram karena kelelahan, bukan? Untuk itu, yuk ikuti beberapa tips cepat membersihkan rumah berikut ini.

#1 Buka Lebar-lebar Jendela dan Pintu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka seluruh ventilasi udara, termasuk jendela dan pintu. Sebaiknya tidak langsung mengaktifkan AC karena tidak baik untuk kesehatan. Biarkan udara bertukar secara alami. Hal ini untuk memperbaiki sirkulasi udara yang terhambat selama hunian tertutup rapat.

#2 Keluarkan Benda Penting Dari Koper

Kedua, bongkar koper yang berisi pakaian kotor untuk menghindari bau tidak sedap dan kuman yang terkurung dalam koper. Baju kotor dapat langsung Anda masukan ke mesin cuci serta perlengkapan mandi atau kecantikan dapat langsung diletakkan di tempat semula.

Jangan langsung mengeluarkan oleh-oleh! Tunggu sampai keadaan hunian sudah bersih dan rapi.

#3 Periksa Bagian Penting Dalam Hunian

Kamar tidur, dapur dan kamar mandi adalah bagian penting yang harus segera Anda periksa setelah tiba. Segera bersihkan tempat-tempat ini dari debu dan hewan-hewan kecil yang mungkin muncul. Gantilah alas tempat tidur serta mengelap perabot dapur terutama piring dan gelas.

#4 Periksa Lemari Pendingin

Saat akan berlibur mungkin Anda sempat menyimpan makanan atau minuman dalam lemari pendingin. Segera periksa isinya dan mulailah memilah mana yang masih dapat digunakan dan mana yang sudah kadaluarsa.

#5 Membersihkan Teras dan Periksa Tanaman dalam Pot

Bersihkan teras rumah

Biasanya, teras akan menjadi bagian paling kotor saat ditinggal berlibur. Bagi yang tinggal di apartemen, mungkin balkon Anda hanya akan dihinggapi debu. Beda halnya dengan rumah tapak. Mungkin akan banyak koran yang tercecer di lantai serta lapisan debu yang lumayan tebal.

Jadi, jangan tunda untuk membersihkan bagian teras ini. Selain itu, Anda dapat mengecek kondisi tanaman kesayangan yang sudah lama tidak disiram.

#6 Kembalikan Kesegaran Kamar Mandi

Setelah letih bepergian tentunya Anda ingin kembali menyegarkan tubuh, salah satunya dengan mandi. Karena itu, area kamar mandi penting untuk segera dibersihkan setelah lama ditinggal pergi. Anda dapat segera mengganti air di dalam bak.

Jangan lupa juga untuk membersihkan dudukan toilet. Setelah kamar mandi bersih pastinya Anda akan nyaman menggunakannya.

Bagimana, cukup mudah bukan? Membersihkan hunian setelah liburan sebetulnya merupakan pekerjaan yang ringan. Namun, jika memang Anda sudah merasa sangat lelah, Anda bisa memanfaatkan jasa pembersih rumah yang dapat dipesan melalui online.

Share:

Artikel Terkait

telepone